tanda-tanda kehamilan

Mengenal 10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita

Setelah menjalani berbagai usaha mulai dari menghitung masa subur sampai menentukan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan, hasil akhir yang paling ditunggu adalah hamil.

Cara mengetahui anda hamil atau tidak satu-satunya jalan adalah dengan melakukan tes kehamilan.

Namun, seringkali tubuh juga akan memberikan tanda-tanda khusus pada awal kehamilan yaitu lewat perubahan pada fisik maupun psikis. Ini juga bisa membantu memperkirakan kehamilan anda.

Ciri-ciri hamil yang paling umum dan sering menjadi acuan wanita memperkirakan dirinya hamil ialah terlambat haid atau tidak mendapatkan haid setelah terakhir berhubungan.

Biasanya jika sudah mengalami hal tersebut wanita akan merasa optimis dan yakin bahwa dirinya sedang hamil.

Tapi sebenarnya masih banyak tanda-tanda lainnya yang menandakan awal kehamilan selain hal di atas tadi.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas setidaknya ada 10 ciri atau tanda yang mungkin dialami wanita saat mendapat kehamilan.

Berikut ini kami mengulasnya untuk anda.

10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita

Pada awal kehamilan tubuh akan mengalami peningkatan produksi hormon yang juga memicu beberapa gejala khas kehamilan, diantaranya ;

1. Mual atau morning sickness

Mual bisa didefinisikan baik dengan maupun tanpa muntah-muntah dan biasanya muncul antara minggu ke 2 sampai ke 8 setelah pembuahan.

Morning sickness bisa dialami setiap waktu, namun anda mungkin akan terasa lebih mual saat perut sedang kosong seperti dipagi hari atau sebelum sarapan. Dalam kebanyakan kasus, mual tidak terlalu berlebihan jadi cobalah untuk tetap tenang.

Yvonne Bohn, MD, salah satu penulis buku The Mommy Docs ‘Ultimate Guide to Pregnancy and Birth, menyarankan untuk makan makanan kecil yang sering, menggigit beberapa biskuit sebelum bangun tidur, minum vitamin B6 atau B12 dan minum tablet jahe, teh atau jahe.

Tapi jika mengalami kehilangan berat badan yang signifikan atau mual tidak dapat dicegah, itu mungkin merupakan tanda adanya masalah yang lebih serius (seperti hiperemesis gravidarum ), jadi bicarakan dengan dokter Anda.

2. Sedikit bercak darah dan kram

Pendarahan ringan umum terjadi 5 sampai 10 hari setelah pembuahan, ini sering disebut dengan pendarahan implantasi yang merupakan pertanda bahwa embrio sudah tertanam dalam rahim.

Beberapa hari setelah pembuahan terjadi, sel telur yang berhasil dibuahi akan menempel pada dinding rahim dan terkadang diiringi kram ringan seperti akan haid. Ini merupakan pertanda baik yang artinya bayi siap tumbuh pada rahim anda.

Yang harus dilakukan ketika menemukan bercak atau sedikit pendarahan adalah mengkonsultasikannya dengan dokter untuk menjadwalkan tes kehamilan.

Selain itu juga untuk memastikan bahwa ini benar-benar tanda kehamilan, karena terkadang bercak yang terus muncul bisa menandakan kondisi lebih serius.

3. Payudara bengkak dan terasa nyeri

Tanda umum kehamilan yang ke tiga mungkin anda akan mengalami beberapa perubahan pada payudara seperti bengkak dan rasa nyeri, terkadang areola atau sekeliling puting susu akan tampak lebih gelap.

Nyeri pada payudara umumnya akan berlangsung hanya satu minggu tapi terkadang bisa lebih bahkan sepanjang trimester pertama. Rasa nyeri dapat digambarkan seperti nyeri payudara sebelum anda memasuki masa haid namun sedikit agak parah.

Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan bra khusus yang lebih longgar atau bisa dikonsultasikan lebih dulu dengan tenaga kesehatan terkait masalah ini.

4. Terlalu sering buang air kecil

Jangan kaget jika anda akhir-akhir ini merasa terlalu sering pulang pergi ke toilet. Gejala ini sering timbul dua sampai tiga minggu setelah pembuahan.

Setelah embrio tertanam dalam rahim tubuh akan menghasilkan hormon hCG yang menyebabkan anda sering buang air kecil. Hormon hCG akan melepaskan estrogen dan progesteron  yang dibutuhkan untuk mempertahankan kehamilan.

Fakta menarik lainnya adalah hormon hCG yang tinggi dalam urin juga dapat digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Ini yang biasa dilakukan wanita dengan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack.

5. Merasa cepat lelah meski sedikit aktifitas

Kelelahan bisa muncul setiap waktu saat kehamilan. Gejala ini lebih umum terjadi pada masa awal kehamilan. Kadar hormon progesteron yang meningkat menyebabkan anda selalu merasa cepat ngantuk.

Selain itu, tubuh juga akan bekerja keras tiap waktu untuk memastikan perkembangan bayi berjalan dengan baik. Sangat wajar jika anda cepat merasa lelah selama hamil. Kondisi lain seperti mual dan muntah juga mempengaruhi.

Rasa lelah yang anda alami saat ini mungkin tidak akan seberapa dibandingkan saat bayi anda sudah lahir nantinya, karena anda harus siap sedia mengurusnya meski tengah malam sekalipun.

6. Suasana hati mudah berubah

Seringnya wanita hamil mengalami perubahan suasana hati lebih cepat atau mood swing. Ini dipercaya sebagai dampak perubahan hormon yang mempengaruhi neurotransmiter otak.

Mood swing dapat bervariasi tiap wanita. Beberapa mungkin mengalami emosi yang turun naik, sementara lainnya merasa gembira lalu seketika khawatir dan depresi.

Sangat penting diingat, mood swing adalah normal ketika hamil, namun jika anda mendapati diri anda terus terlarut dalam depresi atau kesedihan tanpa penyebab pasti, lebih baik konsultasikan dengan dokter segera.

7. Keinginan kuat terhadap makanan tertentu (Ngidam)

Jika normalnya anda tidak begitu suka pada jenis makanan tertentu, namun tiba-tiba  anda begitu menginginkannya, jangan heran ini merupakan gejala awal kehamilan, terutama pada trimester pertama.

Di masyarakan kita biasa disebut dengan “ngidam” yaitu tiba-tiba menginginkan makanan tertentu seperti makanan manis, pedas, asin atau bahkan makanan yang asam.

Para ilmuwan sendiri masih belum menemukan alasan wanita hamil mengalami ngidam. Namun beberapa diantaranya berpendapat bahwa ngidam sebenarnya adalah cara tubuh untuk memberi tanda ia kekurangan nutrisi tertentu.

8. Lebih sensitif terhadap bau

Jika anda benar-benar memasuki awal kehamilan, maka tidak aneh ketika merasa terganggu dengan bau tertentu seperti bau  makanan, aroma tubuh, parfum , dan sebagainya. Tak jarang bau ini bahkan sampai menimbulkan mual bahkan muntah.

Meski belum diketahui alasan pastinya, lagi-lagi peningkatan hormon estrogen yang tiba-tiba diduga adalah pemicunya. Indera penciuman akan lebih sensitif sehingga merespon berlebihan terhadap bau yang sebenarnya pada kondisi normal mungkin tidak mengganggu sama sekali.

9. Perut kembung dan sering bersendawa

Dilaporkan bahwa hampir setiap calon ibu akan merasa kembung selama kehamilannya. Kenaikan hormon progesteron akan melemaskan otot-otot polos disekujur tubuh termasuk saluran pencernaan anda.  Hal ini membuat pekerjaan usus lebih lambat.

Anda akan merasa perut anda kencang, sering bersendawa, buang angin dan gejala lainnya terkait perut kembung.

Hal yang harus dilakukan ialah merubah porsi makan menjadi lebih kecil dan jauhi makanan yang akan memperburuk gejala seperti gorengan, permen, kol, kacang dan makanan mengandung gas lainnya.

10. Sulit Buang air besar (sembelit)

Selain menyebabkan perut kembung, perubahan hormon dan melambatnya kerja organ pencernaan berakibat pada sulitnya proses pembuangan.

Progesteron menyebabkan pergerakan makanan menjadi lebih lambat di dalam usus. Anda mungkin akan membutuhkan sedikit usaha untuk bisa bab dengan lancar.

Untuk mengatasi maslah tersebut, minumlah air putih yang banyak, sedikit bergerak dan konsumsi makanan tinggi akan serat.

Perlu diingat, setiap wanita mungkin akan memiliki gejala awal kehamilan yang berbeda, bisa saja beberapa mengalami semua ciri-ciri di atas, tapi sebagian lagi hanya mengalami satu atau dua gejala saja.

Jika dirasa gejalanya sangat mengganggu, konsultasikan segera dengan bidan atau dokter anda untuk mendapatkan saran dan cara penanganannya.

Pos Terkait

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil Menghitung masa subur wanita sebelum merencanakan kehamilan itu sangatlah penting. Sebab dengan mengetahui kapan wanita mengalami puncak kesuburan se...
10 Ciri-Ciri Wanita Sedang Dalam Masa Subur Tes Kehamilan Baru menikah dan ingin segera hamil, atau sudah memiliki anak namun ingin hamil kembali ? Kenali ciri-ciri saat ada sedang berada pad...

Komentar