MASA SUBUR WANITA

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Mengenali Tanda-Tanda Masa Subur Wanita

Selain dengan menggunakan rumus perhitungan siklus haid, cara kedua untuk mengetahui masa subur ialah dengan mengenali tanda atau sinyal yang diberikan oleh tubuh. Disini anda dituntut untuk lebih peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

Indikator ini juga bisa digunakan untuk lebih memperkuat dari hasil perhitungan menggunakan siklus haid sebelumnya. Apa saja indikatornya ?

  • Perubahan Suhu Basal Tubuh

Suhu basal adalah temperatur tubuh yang diambil saat anda bangun di pagi hari. Suhu normal diluar masa subur biasanya 35,5 – 36.6 °C dan saat anda berovulasi suhunya akan meningkat beberapa derajat bertahan sampai periode haid berikutnya.

Jika anda sedang dalam program hamil sebaiknya rutin mengukur suhu tubuh dipagi hari kemudian catat hasilnya. Dengan begini anda bisa dengan mudah mengetahui kapan waktu ovulasi dan masa subur sedang terjadi.

Gunakan alat ukur suhu tubuh yang sangat sensitif dan akurat yang bisa dibeli diapotek. Sebelumnya perlu diketahui bahwa pengukuran harus dilakukan pada waktu yang sama yaitu sebelum anda bangun dari tempat tidur.

Aktifitas sekecil apapun dapat mempengaruhi suhu tubuh sehingga jika tidak dilakukan di waktu yang sama hasilnya tidak akan akurat. Untuk lebih mudahnya simpanlah termometer didekat tempat tidur untuk memudahkan proses pengukuran suhu setiap harinya.

  • Periksa Lendir Mulut Rahim

Menjelang ovulasi hormon dalam tubuh terutama estrogen akan mempengaruhi produksi lendir pada leher rahim. Sebelum dan selama ovulasi jumlah, warna dan juga tekstur lendir akan berubah untuk memudahkan terjadinya kehamilan.

Saat indung telur bersiap melepaskan sel telurnya, leher rahim akan memproduksi lebih banyak lendir. Biasanya lendir lebih lengket dan berwarna keruh atau agak keputihan.

Sedangkan sesaat sebelum ovilasi lendir akan berubah menjadi lebih licin seperti putih telur. Fase ini akan berlangsung antara 3 sampai 4 hari yaitu saat dimana anda mengalami masa paling subur.

Untuk memeriksa kesuburan melalui cairan lendir rahim bisa menggunakan jari. Caranya ambil sedikit cairan lendir dari bukaan rahim dengan jari telunjuk kemudian rekatkan jari telunjuk dan ibu jari Anda, renggangkan sekitar 2-3 cm. Jika lendir merenggang dan tidak terputus maka anda sedang dalam masa subur

  • Nyeri Perut Bagian Bawah atau Punggung bawah

Nyeri saat haid adalah umum terjadi, tapi kadang sebelum haid juga merasakan hal yang sama dan bisa menjadi pertanda masa subur anda. Aktifitas sel telur meningkat sehingga menimbulkan rasa nyeri atau tidak nyaman seakan perut bagian bawah seperti ditarik.

Gunakan Alat Deteksi Kesuburan

Masa Subur Wanita
Alat Tes Kesuburan

Memang menentukan masa subur dengan cara manual terkesan sedikit lebih rumit dan hasilnya juga terkadang tidak begitu akurat.

Namun dengan kemajuan teknologi sekarang ini prosesnya bisa lebih mudah yaitu menggunakan sebuah alat yang bisa mengetahui kapan masa subur anda terjadi.

Anda tidak harus melakukan perhitungan rumus atau memperhatikan tanda-tanda dari tubuh anda. Dengan alat ini dalam sekejap saja bisa memprediksi kesuburan.

Ini sangat dianjurkan bagi anda yang tidak keberatan untuk sedikit mengeluarkan dana, karena harganya relatif mahal untuk alat yang bisa dipakai berulang. Tersedia juga alat tes kesuburan sekali pakai dengan harga lebih murah.

Namun bagi yang ingin lebih berhemat, tetap bisa menggunakan kedua cara manual di atas untuk menentukan masa suburnya.

Tips Agar Bisa Cepat Hamil

Menentukan masa subur memang perlu, tapi itu bukan satu-satunya hal yang harus anda perhatikan untuk merencanakan kehamilan.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya kehamilan terjadi, oleh karena itu perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mendapat kehamilan dengan cepat.

  1. Pastikan anda tidak sedang menggunakan alat kontrasepsi baik oral maupun alat. Sebaiknya berhenti menggunakan KB beberapa bulan sebelum anda berencana hamil minimal 9 bulan seperti yang disarankan dokter Christopher Williams, seorang ahli endokrin reproduksi di Charlottesville, Virginia
  2. Perhatikan nutrisi untuk kesuburan terutama dengan konsumsi lebih banyak asam folat yang bisa diperolah dari makanan seperti brokoli, kacang hijau, bayam, kentang, dan sereal.
  3. Gaya hidup sehat dengan rutin berolah raga, hindari stress, kurangi merokok, dan pertahankan berat badan yang ideal jangan sampai mengalami obesitas.
  4. Berhubungan teratur beberapa hari sebelum ovulasi. Sperma yang kuat bisa menempel di rahim dan saluran tuba selama 2 sampai 3 hari, tapi sel telur Anda hanya bertahan selama 12 sampai 24 jam setelah dilepaskan. Jadi berhubungan sebelum ovulasi akan meningkatkan kemungkinan terjadi pembuahan sel telur.
  5. Berbaring terlentang setelah berhubungan dan jangan merubah posisi agar spserma berkumpul di rahim.  Memposisikan kaki anda lebih tinggi dari dada juga mungkin akan membantu sel sperma untuk berenang mencapai sel telur.
  6. Hindari penggunaan lubrikan atau pelicin. Penggunaan lubrikan memang dapat menambah kenikmatan bercinta, akan tetapi jika anda sedang berencana hamil sebiknya hindari yang satu ini. Berbagai formula dikhawatirkan akan mengganggu keseimbangan pH vagina dan menurunkan kecepatan gerak sperma.
  7. Perhatikan posisi bercinta. Meski tidak ada posisi yang secara spesifik dapat memperbesar peluang hamil, namun posisi missionary adalah posisi terbaik untuk membantu sperma berenang mencapai sel telur. Posisi pria di atas dan wanita di bawah dengan menambahkan bantal dibawah panggul akan cukup efektif.
  8. Kualitas sperma juga penting. Sebelumnya lakukan pemeriksaan atau tes sperma lebih dulu untuk mendukung program hamil anda. Jaga suhu testis agar selalu dingin uantuk produksi sperma yang optimal.

« Halaman Sebelumnya

Pos Terkait

Mengenal 10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita Setelah menjalani berbagai usaha mulai dari menghitung masa subur sampai menentukan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan, hasil akhir yang paling ...
10 Ciri-Ciri Wanita Sedang Dalam Masa Subur Tes Kehamilan Baru menikah dan ingin segera hamil, atau sudah memiliki anak namun ingin hamil kembali ? Kenali ciri-ciri saat ada sedang berada pad...

Komentar