9 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan & Efek Sampingnya

6. Memperkuat Sistem Imun Dan Anti Infeksi

Kandungan nutrisi dalam daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan juga infeksi. Daun sirsak akan menstimulasi produksi sel darah putih dan juga bertindak sebagai antioksidan yang menghambat radikal bebasserta menurunkan stres oksidatif dapa jaringan dan organ tubuh.

Untuk manfaat ini anda hanya perlu minum satu gelas air rebusan daun sirsak setiap harinya.

7. Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu Rambut

Setiap orang ingin rambut yang sehat bebas dari parasit dan juga kutu. Tidak perlu produk perawatan rambut atau pembasmi kutu kimia, karena daun sirsak terbukti ampuh menghilangkan kutu rambut. Daun sirsak memiliki kandungan anti parasit yang efektif untuk menangkal pertumbuhan berbagai parasit pada rambut.

Caranya buatlah ramuan dari 5 lembar daun sirsak dan air secukupnya kemudian diremas-remas sampai daunnya hancur. Saring airnya dan gunakan untuk mencuci rambut 2 kali sehari.

8. Memperbaiki Pencernaan

Keseimbangan yang baik antara vitamin, mineral dan juga anti inflamasi pada daun sirsak dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mencegah kodisi seperti sembelit, kram, perut kembung serta diare.

Kehadiran kalsium juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif, sedangkan antimikrobanya menjaga keseimbangan lingkungan mikroflora dalam usus.

9. Mengobati Penyakit Kulit

Kulit adalah organ terluar tubuh dengan fungsi berat, karenanya sangat rentan terhadap penyakit terutama infeksi. Daun sirsak mengandung sejumlah astringent yang tidak hanya bagus untuk mengecilkan pori-pori tapi juga mencegah kondisi seperti jerawat, peradangan kulit, bisul, eksim dan sebagainya.

Cukup gunakan beberapa daun sirsak yang cukup muda kemudian ditumbuk sampai halus, beri sedikit air sampai membentuk pasta dan aplikasikan pada bagian kulit yang mengalami masalah.

Efek Samping Minum Air Daun Sirsak

Meski memang banyak manfaatnya untuk kesehatan, daun sirsak nyatanya juga menyimpan efek samping tertentu bagi penggunanya terutama saat dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu kami sangat menganjurkan untuk dikonsultasikan dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi air rebusan daun sirsak.

Berikut adalah beberapa efek samping daun sirsak yang mungkin dirasakan :

  • Efek neurotoksik, Penelitian telah mengungkap ada sejumlah kecil racun saraf dalam daun sirsak yang mungkin membahayakan bagi penderita penyakit parkinson. Namun, racun saraf ini ditemukan juga pada beberapa makanan. Tapi, dampak negatifnya belum bisa dibuktikan sampai sekarang.
  • Masalah pencernaan. Meski memang daun sirsak memiliki manfaat untuk pencernaan, tapi jika digunakan jangka panjang sangat tidak baik untuk bakteri baik dalam usus, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan, pencernaan yang buruk dan masalah usus lainnya. Karena efek daun sirsak sangat kuat, sebaiknya hentikan penggunaan jika penyakitnya sudah sembuh.
  • Tekanan darah menurun, jika anda memiliki riwayat tekanan darah rendah, sebaiknya hindari daun sirsak karena bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang membahayakan dan mungkin menimbulkan kelemahan, pusing, bahkan pingsan.
  • Berkeringat dan demam ringan, menandakan efek daun sirsak sedang bekerja secara langsung, biasanya demam dan berkeringat adalah begian dari proses pembersihan tubuh dari kotoran atau oksidan.
  • Menghambat kerja obat-obatan, bagi anda yang sedang menggunakan pengobatan seperti antidepresi, obat tekanan darah, atau obat neurodegeneratif sebaiknya minta saran dokter sebelum konsumsi air rebusan daun sirsak.
  • Ibu hamil dan menyusui, memang tidak ada bukti efek samping bagi ibu hamil dan menyusui namun sebaiknya dihindari karena takutnya berpebngaruh pada bayi.
Halaman Sebelumnya

Komentar