9 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan & Efek Sampingnya

Semua orang tahu bahwa buah sirsak memberi banyak manfaat bagi kesehatan, tapi bagaimana dengan daunnya? Apakah mereka juga memiliki manfaat bagi kesehatan masyarakat?. Itulah yang akan kita temukan di artikel ini.

Baru-baru ini, daun sirsak mendapat perhatian dan popularitas karena dikatakan memiliki zat pembunuh sel kanker alami. Terlepas dari sifat anti-kankernya, ia juga memiliki beberapa manfaat medis lainnya.

Daun sirsak mengandung senyawa Acetoginin yaitu bulatacin, asimisin dan squamosin. Acetoginin bertindak sebagai anti-hama. Dengan demikian, mereka sering digunakan dalam membunuh serangga dan hama yang mati dengan mengkonsumsi daun ini meski dalam jumlah kecil.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh The National Cancer Institute telah membuktikan bahwa daun sirsak secara efektif dapat menyerang dan menghancurkan sel kanker. Selain itu, mereka juga digunakan dalam pengobatan beberapa penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang mungkin dapat terbantu dengan ramuan ekstrak daun sirsak :

1. Pengobatan Kanker dan Tumor

Manfaat sirsak untuk kanker sudah sangat populer di beberapa negara asia tenggara, dengan bukti menakjubkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak benar-benar ampuh untuk melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan kanker, seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, dan lain-lain.

manfaat daun sirsak
Teh Daun Sirsak

Salah satu penelitian terbesar yang telah dilakukan mengatakan bahwa senyawa dalam daun sirsak bisa menghambat sel kanker dan bisa menyembuhkan kanker lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan metode kemoterapi.

Secara khusus, daun sirsak memiliki senyawa aktif yang bisa melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari pada kemoterapi sebelumnya. Jadi, daripada menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk membayar kemoterapi Anda, Anda harus mempertimbangkan daun sirsak yang ajaib dan khasiatnya terhadap sel kanker sudah terbukti.

Cara penggunaan :

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak muda da 3 gelas air
  • Didihkan air lalu rebus daun sirsak hingga airnya berkurang kira-kira tinggal satu gelas, biarkan sampai dingin
  • Saring airnya lalu minum setiap pagi antara 3-4 minggu secara rutin

2. Mengobati Asam Urat

Semakin tua usia kita, resiko menderita penyakit rematik dan asam urat akan lebih besar. Daun sirsak akan memberi solusi untuk menyembuhkan rasa sakit yang disebabkan oleh artritis seperti rematik.

Jika ingin menggunakan daun sirsak sebagai obat herbal untuk melawan rheumatik, ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu dengan minum air rebusan daun sirsak pagi dan sore hari, cara mengolahnya sama saja seperti untuk pengobatan kanker.

Cara kedua, bisa dengan menumbuk beberapa daun sirsak sampai menjadi halus dan mengoleskannya pada tubuh yang terkena rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis dua kali sehari secara teratur.

Daun sirsak memiliki sifat anti inflamasi dan anti nyeri yang dapat menurunkan rasa tidaknyaman akibat asam urat dan rematik.

3. Pengobatan Diabetes

Penyakit Diabetes

Siapa sangka ternyata daun sirsak dapat digunakan untuk pengobatan diabetes melitus. Penyakit ini identik dengan kenaikan gula darah, dan berita baiknya daun sirsak memiliki aktifitas untuk menyeimbangkan gula dalam darah.

Umumnya sudah banyak produk yang memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatan seperti dalam bentuk teh atau jus, Namun anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk menghemat biaya. Caranya bisa dengan direbus seperti biasa atau dikeringkan untuk dijadikan teh.

Membuat teh daun sirsak sendiri sangat gampang, yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua kemudian cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotorannya
  • Setelah itu keringkan dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering
  • Hancurkan sampai membentuk seperti serbuk teh, lalu seduh dengan air panas
  • Minumlah secara rutin di pagi dan sore hari
  • Anda bisa menambahkan sedikit madu murni untuk menambah rasa.

4. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit berat dan merupakan salah satu faktor resiko sakit jantung dan stroke. Ini bisa mengancam siapa saja tak peduli tua maupun muda.

Jika anda salah satu penderita Hipertensi, bisa mencoba pengobatan alami yaitu dengan memanfaatkan daun sirsak yang bisa dengan mudah dijumpai disekitar kita.

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan pada American Journal Communication di tahun 2004 menemukan bahwa daun sirsak memiliki efek hipotensif yang dapat menurunkan tekanan pada darah yang terlalu tinggi.

Minum rebusan daun sirsak atau teh daun sirsak dipercaya bisa membantu penderita hipertensi mendapatkan tensi darah yang normal.

5. Anti Penuaan Dini

Sengatan sinar matahari dan polusi menimbulkan masalah besar pada kulit terutama penuaan yang lebih cepat (penuaan dini). Daun sirsak mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang akan sangat bermanfaat untuk melepaskan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan kulit Anda yang terkait dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan pigmentasi berat yang dapat mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan.

Antioksidan ini akan melindungi Anda dari gejala tersebut, sehingga Anda akan lebih percaya diri dari sebelumnya.

Ke Halaman 2

Komentar