GULA DARAH NORMAL

Berapa Kadar Gula Darah Normal dalam Tubuh ?

Kapan Sebaiknya Melakukan Tes Gula Darah ?

Tes gula darah bisa dilakukan kapan saja, namun paling direkomendasikan adalah sebelum makan, 2 setelah makan dan sebelum tidur. Tes harian akan sangat penting untuk mereka yang menjalani terapi insulin.

Mengenai kapan  dan seberapa sering tesnya dilakukan, akan berbeda pada setiap orang. Dokter atau perawat anda biasanya akan memberitahu kapan dan berapa kali anda harus mengecek level gula darah.

Perhatikan juga jika anda memiliki beberapa kondisi tertentu  seperti penyakit kronis atau akut karena bisa mempengaruhi hasil tesnya. Sejumlah kondisi tersebut seperti :

  • Anemia
  • Asam urat
  • Tempratur udara yang tinggi
  • Kelembaban
  • Ketinggian

Cara Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

1. Perhatikan asupan makanan

Makanan sehat adalah kunci untuk mengatur gula darah dan mencegah atau mengatasi diabetes. Ini tidak berarti anda harus menghindari konsumsi makanan tertentu, hanya saja anda harus menyeimbangkannya dengan kandungan lain.

Makanan sumber protein, serat dan lemak sehat dapat menstabilkan gula darah jika digabungkan dengan menu anda khususnya ketika mengkonsumsi karbohidrat atau gula (seperti kentang, buah, atau gandum utuh).

  • Sumber protein paling bagus misalnya, ikan liar seperti salmon, telur, daging sapi padang rumput, produk susu tawar seperti yogurt, kefir, atau keju tawar.
  • Lemak sehat termasuk, minyak kelapa murni,minyak zaitun murni, kacang dan biji-bijian, serta alpukat.
  • Makanan berserat tinggi, seperti sayuran segar, buah-buahan utuh, tauge,artichoke, sayuran hijau, biji labu, dan ubi.
  • Menurut artikel dari Diabetic Living Magazine, makanan dan minuman lain yang menstabilkan gula darah diantaranya, cuka apel, kayu manis, teh hijau, teh herbal, serta rempah-rempah.

2. Lakukan Latihan Teratur

Menurut National Diabetes Association (ADA)Olahraga teratur membantu mengelola gula darah dalam berbagai cara. Latihan jangka pendek membantu sel-sel otot untuk mengambil lebih banyak glukosa untuk perbaikan energi jaringan yang berarti bisa menurunkan level gula darah terlau tinggi.

Sedangkan olahraga untuk jangka panjang bisa membuat sel lebih responsif terhadap insulin dan mencegah resistensi insulin. Ada banyak pilihan olahraga seperti berlari, bersepeda, berenang atau angkat beban disesuaikan dengan preferensi anda.

 3. Kelola stress Anda

Stres yang berlebihan sebenarnya juga mempengaruhi gula darah karena hormon kortisol yang meningkat. Stres memicu perubahan siklus hormon yang tinggi.

Bukan hanya menyebabkan gula darah naik karena hormon kortisol saja, tapi stres cenderung meningkatkan hasrat untuk makan, dan biasanya makanan yang dimakan adalah yang mengandung gula. Secara tidak langsung ikut menyumbang kenaikan gula darah.

Studi menemukan cara alami yang bisa menurunkan stres anda yaitu dengan latihan, yoga, meditasi dan juga relaksasi menggunakan minyak esensial seperti lavender,mawar dan lainnya. Berhenti sejenak dari kesibukan anda dan merencanakan liburan juga bisa membantu.

4. Mengganti karbohidrat dan pemanis

Semua jenis gula tambahan dan karbohidrat sangat mungkin menaikkan gula darah dalam sekejap.

Untuk tetap mempertahankan gula darah yang normal, cek terlebih dahulu bahan baku yang digunakan pada makanan (misalnya saat anda berbelanja bahan makanan), karena gula dan karbohidrat dapat dituliskan dalam berbagai macam nama.

Perhatikan juga hal-hal berikut :

  • Hindari apapun yang dibuat dari tepung olahan (biasanya berlabel “wheat flour” atau “enriched flour”), dan gula buatan seperti sirup jagung, fruktosa, dan dekstrosa.
  • Ganti gula dengan pemanis alami seperti madu murni, pemanis stevia, kurma, sirup mapel dan juga molases.
  • Paling penting adalah perhatikan porsinya, jangan terlalu berlebihan meskipun itu pemanis berbahan alami.
  • Berkaitan dengan produk dari tepung jagung, akan lebih baik jika mengkonsumsi jagung dalam bentuk utuh. Tepung jagung dapat menaikkan kadar gula darah kecuali yang terbuat dari 100% jagung.
  • Hindari juga minuman seperti alkohol, soda, jus buah kalengan, minuman berpemanis. Akan lebih baik jika diganti dengan air putih saja, teh hitam, dan kopi dalam jumlah sedang.

5. Istirahat yang cukup

Beristirahat dengan baik sangat penting untuk menjaga hidup yang sehat bahkan mengelola kadar hormon. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sekitar 35 persen orang Amerika melaporkan kurang dari tujuh jam tidur yang disarankan setiap malam, dapat meningkatkan risiko mereka untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2.

Kurang tidur dapat meningkatkan stres dan hormon nafsu makan (seperti kortisol dan ghrelin , yang membuat Anda lapar), sehingga membuat lebih sulit untuk menghindari makanan ringan, produk biji-bijian dan overdosis kafein.

Halaman Sebelumnya

Pos Terkait

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami & Permanen Seperti layaknya wajah yang putih dan mulus, memiliki bibir merah alami pastinya menjadi dambaan setiap wanita, tak terkecuali juga dengan pria. Umum...
10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Sampai Tuntas Punya masalah dengan noda hitam bekas jerawat dan bopeng yang mengganggu penampilan ? Tetap disini karena kami akan berbagi tips cara menghilangkan b...

Komentar