10 Ciri-Ciri Wanita Sedang Dalam Masa Subur

ciri ciri wanita sedang subur
Tes Kehamilan

Baru menikah dan ingin segera hamil, atau sudah memiliki anak namun ingin hamil kembali ?

Kenali ciri-ciri saat ada sedang berada pada masa paling subur, maka kehamilan akan mudah terjadi.

Kunci keberasilan kehamilan adalah mengetahui waktu yang tepat kapan anda akan berovulasi, yaitu ketika sel telur yang telah matang dilepaskan untuk dibuahi.

Dikatakan bahwa jika anda berhubungan beberapa hari mendekati waktu ovulasi, peluang hamil akan lebih besar, semakin dekat dengan ovulasi keberhasilannya juga akan semakin tinggi.

Menentukan masa subur berdasarkan siklus haid adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi dan melacak gejala ovulasi Anda.

Untuk memperkuat hasil perhitungannya, anda juga perlu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh, karena saat mendekati ovulasi biasanya tubuh akan mengindikasikan beberapa gejala tertentu berubungan dengan kesuburan.

Dengan memperhatikan hal ini, anda bisa mengetahui kapan masa subur anda dan menjadwalkan waktu yang tepat untuk berhubungan dengan tujuan agar bisa memperoleh kehamilan dengan cepat.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri seorang wanita sedang berada dalam masa subur ?

Berikut ini adalah beberapa tanda yang dialami tubuh menjelang ovulasi.

1. Cairan serviks lebih bening

Tubuh wanita mempersiapkan ovulasi dengan memproduksi cairan serviks yang berguna sebagai media transportasi sel sperma. Pada normalnya cairan serviks ini akan lebih lengket dan keruh yang mana tidak cocok untuk pergerakan sperma.

Namun mendekati masa ovulasi cairan serviks akan lebih encer dan jernih seperti putih telur yang membantu sperma berenang menuju sel telur yang dilepaskan saat ovulasi.

Masa ini adalah waktu paling tepat untuk memulai program hamil anda.

2. Payudara lebih sensitif dan nyeri

Setelah ovulasi, hormon progesteron akan meningkat, dan ini mungkin menjadi penyebab payudara lebih sensitif terhadap rasa nyeri.

Beberapa wanita merasakan nyeri seperti saat akan mengalami haid pada payudaranya sebelum berovulasi. Sedangkan yang lainnya mungkin akan mengalaminya setelah mereka berovulasi.

Mengingat nyeri payudara bisa disebabkan berbagai hal, seringkali tanda kesuburan ini tidak disadari oleh wanita.

3. Nyeri ringan pada panggul atau perut bawah

Ciri-ciri kesuburan berikutnya adalah nyeri yang muncul sekitar panggul atau perut bagian bawah, tepatnya disalah satu sisi. Sebanyak 20% wanita mengalaminya pada pertengahan siklus haid mereka yang berarti dekat dengan ovulasi. Nyeri juga bisa timbul saat tuba falopi berkontraksi untuk menggerakkan sel telur menuju ke rahim.

4. Merasa lebih bergairah

Saat anda merasa lebih bergairah ketika berhubungan, ini bisa jadi tanda sedang berovulasi. Peneliti mempelajari hubungan antara  libido wanita terhadap ovulasi dan menemukan kehadiran hormon LH yaitu hormon yang berperan untuk merangsang pengeluaran sel telur saat ovulasi.

Meningkatnya gairah seks ini merupakan sinyal alami tubuh saat ia sedang siap untuk bereproduksi.

5. Bercak kecoklatan saat keputihan

Pernahkah anda menemukan bercak kecoklatan diluar periode haid ?.

Terkadang wanita hanya menganggap flek sebagai sisa darah yang tertinggal ketika haid. Namun jika ini muncul diluar masa haid, ada kemungkinan ini adalah flek ovulasi.

Gejala ini akan muncul saat folikel sel telur yang telah matang  meluruh dan menimbulkan sedikit pendarahan. Ini tidak perlu dikhawatirkan kecuali flek muncul berkepanjangan.

Jangan tuggu lebih lama lagi, kesempatan hamil akan lebih besar jika berhubungan pada masa ini.

6. Perut terasa kembung

Ketika perut anda sedikit agak kembung terutama terjadi saat pertengahan siklus haid, bisa menandakan masa subur anda telah berlangsung. Gejala ini dapat disebabkan naiknya hormon estrogen yang memicu tingginya penyerapan air.

7. Mual ringan

Banyak wanita juga memiliki masalah dengan mual ketika memasuki ovulasi, mual ini sering disalah artikan sebagai morning sickness. Ini karena hormon yang menyebabkannya sama, lagi-lagi karena perubahan hormon yang terjadi saat ovulasi.

8. Sakit kepala atau migrain

Dampak perubahan hormon saat ovulasi juga bisa memicu sakit kepala atau migrain. Jika anda juga sering mengalami sakit kepala saat menstruasi, kemungkinan sakit kepala saat ovulasi juga sangat besar terjadi.

9. Serviks lebih lunak dan timbul

Posisi serviks anda juga bisa menunjukkan bahwa anda sedang dalam masa subur. Ketika ovulasi mulai mendekat, serviks anda posisinya lebih naik, lunak dan terbuka.

Untuk mengeceknya, bisa dengan memasukkan jari ke dalam vagina dan rasakan ketika anda menyentuh tonjolan lunak dan sedikit terbuka. Akan lebih mudah melakukannya beberapa hari setelah anda selesai menstruasi.

Jika anda beruntung, kehamilan sudah ada didepan mata.

10. Merasa lebih basah

Tidak hanya cairan serviks yang berubah lebih encer dan elastis ketika mendekati ovulasi, tapi produksinya akan semakin banyak.

Biasanya wanita pada masa subur akan merasa area kewanitaannya lebih basah dari biasanya dan saat berhubungan menjadi lebih terlubrikasi.

Itulah kesepuluh ciri-ciri kesuburan yang harus diketahui wanita agar bisa cepat hamil. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pos Terkait

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil Menghitung masa subur wanita sebelum merencanakan kehamilan itu sangatlah penting. Sebab dengan mengetahui kapan wanita mengalami puncak kesuburan se...
Mengenal 10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Pada Wanita Setelah menjalani berbagai usaha mulai dari menghitung masa subur sampai menentukan kapan waktu yang tepat untuk berhubungan, hasil akhir yang paling ...

Komentar