Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Sampai Tuntas

9. Cuka Apel

manfaat cuka apel untuk kecantikanAnda juga bisa menggunakan cuka apel untuk menyembuhkan berbagai macam bekas luka termasuk jerawat. Kandungan asam alaminya membantu mengeksfoliasi dan mengangkat sel kulit mati.

Cuka apel merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan mengurangi penampakan bekas luka. Selain itu, cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit yang penting untuk tekstur kulit yang sehat.

Penggunaan :

  • Campurkan cuka apel dan air secukupnya, kemudian celupkan kapas kedalam campuran tadi
  • Oleskan langsung pada bekas jerawat sampai merata
  • Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Alternatif lain anda juga bisa menambahkan beberapa tetes madu murni dalam campuran tersebut. Lakukan sehari sekali saja.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami berkhasiat lainnya yang sering dipakai untuk merawat bekas luka. Kandungan vitamin E, antioksidan dalam minyak kelapa bisa mempercepat penyembuhan dan mencegah luka baru terbentuk.

Selain itu minyak kelapa juga dapat menstimulasi produksi kolagen, perbaikan kerusakan kulit serta menghalau kerusakan akibat radikal bebas.

Penggunaan :

  • Hangatkan beberapa tetes minyak kelapa murni
  • Tuangkan sedikit ke telapak tangan dan pijatkan ke bekas jerawat antara 5-10 menit
  • Biarkan selama satu jam sampai minyak menyerap dalam kulit
  • Untuk hasil terbaik ulangi 2-4 kali sehari

Tips Merawat Wajah Agar Jerawat Tidak Muncul Kembali

Setelah bekas jerawatnya hilang, hal penting yang harus dilakukan adalah mencegah agar jerawatnya tidak muncul kembali.

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dirumah tanpa perlu memerlukan perawatan di klinik kecantikan ;

  • Kebersihan wajah sangatlah penting

Kulit terutama kulit wajah setiap harinya terpapar berbagai jenis polusi, jika di biarkan kulit akan menjadi kusam dan kotoran semakin menumpuk yang disa menyumbat pori dan memicu jerawat.

Sebaiknya bersihkan wajah setiap hari terutama setelah beraktifitas diluar atau sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai jenis kulit anda. Jangan terlalu sering dibersihkan karena bisa membuat kulit kering.

Lakukan juga peeling atau scrub wajah paling tidak seminggu sekali untuk mengikis sel kulit mati pada wajah.

  • Hindari paparan sinar matahari langsung

Terpapar sinar matahari secara langsung bisa memicu peradangan pada kulit wajah, ini juga bisa memungkinkan jerawat untuk tumbuh.

Mengoleskan sunblock pada kulit wajah setiap kali beraktifitas diluar bisa menjadi pilihan jalan keluarnya.

  • Pilih produk kecantikan sesuai jenis kulit

Jerawat terkadang disebabkan oleh produk perawatan wajah yang tidak sesuai, atau mengganti-ganti produk tanpa memberikan jeda pada kulit untuk menyesuaikan diri.

Jangan mudah tergiur dengan iklan produk kecantikan begitu saja, tapi anda juga harus mempertimbangkan kondisi kulit.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis akan membantu, terutama jika anda memiliki kulit cenderung sensitif.

  • Istirahat dan tidur yang cukup

Sejatinya regenerasi kulit terjadi saat malam hari terutama saat kita tidur. Oleh karena itu, pastikan jangan tidur terlalu larut agar proses regenerasi kulit tidak terganggu.

Tidur yang cukup antara 7-8 jam  membuat tubuh lebih segar dan bertenaga di pagi harinya, begitu juga dengan kulit anda.

  • Hindari menyentuh kulit wajah

Anda tidak akan tahu apa yang terdapat pada jari-jari tangan ketika menyentuh permukaan kulit wajah.

Tangan yang kotor lebih beresiko menyebarkan bakteri di wajah, apa lagi jika kulit sedang mengalami iritasi. Bakteri akan masuk ke pori-pori dan menimbulkan peradangan yang berujung pada jerawat.

Menyentuh atau memencet jerawat juga harus dihindari, karena resiko infeksi dan timbulnya bekas luka bisa semakin besar.

  • Nutrisi kulit juga penting

Tidak hanya perawatan dari luar, nyatanya kulit juga butuh nutrisi dari dalam. Hindari makanan yang berminyak dan junk food serta perbanyak konsumsi buah dan sayur dapat memberi kulit anda cukup nutrisi untuk tetap sehat.

Produk susu dan makanan mengandung gula buatan mungkin juga memicu jerawat  sehingga anda perlu menghindarinya.

  • Olahraga teratur 

Rutin berolahraga sangat baik untuk keseluruhan fungsi tubuh termasuk juga kulit. Ketika kita berolahraga, sebaiknya hindari pakaian atau menggunakan alat olahraga yang dapat bergesekan dengan kulit dan menimbulkan iritasi.

Tidak perlu olahraga berat cukup dengan berlari atau berjalan santai di pagi hari 3 kali seminggu sudah membantu. Jangan lupa bersihkan badan setelahnya karena keringat berlebih sangat disukai bakteri untuk berkembang biak.

  • Konsumsi air putih untuk detoksifikasi

Ini terdengar sepele, namun masih banyak yang sulit melakukannya. Air tidak hanya dapat menghidrasi kulit tapi juga menjadi media untuk pembersihan atau detoks.

Cukupi kebutuhan cairan setiap harinya untuk mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh, dan rasakan manfaatnya termasuk pada kulit anda.

Jika informasi ini dirasa bermanfaat, jangan ragu untuk membagikannya ke teman atau sahabat dengan menekan tombol share dibagian bawah artikel.

« Halaman Sebelumnya

Pos Terkait

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami & Permanen Seperti layaknya wajah yang putih dan mulus, memiliki bibir merah alami pastinya menjadi dambaan setiap wanita, tak terkecuali juga dengan pria. Umum...

Komentar