Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Sampai Tuntas

Punya masalah dengan noda hitam bekas jerawat dan bopeng yang mengganggu penampilan ?

Tetap disini karena kami akan berbagi tips cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sudah terbukti keampuhannya.

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menyukai bekas jerawat terutama di wajah. Alasannya tentu saja bisa menurunkan rasa percaya diri. Lagi pula bekas jerawat nyatanya memang susah untuk hilang, namun buka berarti tidak bisa dihilangkan sama sekali

Normalnya bekas jerawat akan memudar dalam waktu antara satu atau dua bulan. Tapi, dengan perawatan yang rutin hasilnya bisa lebih cepat dirasakan.

Beruntungnya ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat menjadi lebih cepat.

Bahan alami akan mencerahkan bekas jerawat sedikit demi sedikit hingga akhirnya seiring pemakaian yang teratur noda bekas jerawat akan memudar secara permanen.

*Disclaimer : Memudarkan bekas jerawat dengan bahan alami memang perlu proses dan hasilnya tidak instan. Jika ingin lebih cepat disarankan untuk melakukan perawatan medis seperti laser.

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Terbukti Ampuh

Beberapa bahan alami dibawah ini akan memberikan perbedaan yang kontras pada kulit wajah selama beberapa waktu dan membantu menyingkirkan bekas jerawat yang mengganggu.

1. Air Lemon

cara menghilangkan bekas jerawat yang hitamAir lemon mengandung asam L-asorbid tinggi atau yang kita kenal dengan vitamin C. Ini merupakan astringent umum yang dapat meredakan peradangan pada jerawat serta melawan bakteri penyebab jerawat.

Penggunaan :

  • Jika ingin bekas jerawat memudar, cukup siapkan 2 atau 3 sendok makan air lemon dan juga kapas.
  • Aplikasikan air lemon ke wajah menggunakan kapas tadi dan biarkan kurang lebih selama 3 menit. Setelah itu bersihkan dengan air biasa.
  • Akan lebih baik jika digunakan sebelum tidur. Lakukan secara teratur selama 2 atau 3 minggu.

Perhatian : Air lemon memang sangat bagus untuk kulit, namun pada beberapa orang bisa menimbulkan iritasi ringan. Jika ini terjadi bersihkan wajah dengan air dingin setelah 10 menit penggunaan.

Hindari juga sinar matahari secara langsung pada kulit wajah selama perawatan karena dapat menyebabkan kerusakan kulit.

2. Baking Soda dan Air

Baking soda juga cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Dengan pengaplikasian teratur, kandungan dalam baking soda membantu proses pengelupasan sel kulit dan mengurangi noda kehitaman akibat bekas jerawat.

Penggunaan :

  • Ambil 2-3 sendok teh baking soda dan 2 sendok teh air kemudian campurkan keduanya dalam wadah kecil sampai membentuk pasta yang lengket.
  • Ratakan pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat dan pijat lembut secara memutar.
  • Biarkan selama 3 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda akan merasakan kulit yang lembut dan juga bercahaya.

Catatan : Jangan membiarkan pasta lebih dari 8 menit di kulit wajah, dikhawatirkan membuat kulit terlalu kering dan teriritasi.

3. Putih Telur

menghilangkan bopeng bekas jerawatPutih telur mengandung protein serta asam amino yang bisa mengencangkan pori-pori kulit serta mencegah jerawat baru timbul dan meringankan kulit yang terluka.

Putih telur juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka parut yang pada akhirnya akan terlihat memudar.

Penggunaan :

  • Ambil mangkuk kecil kemudian kocok 1 putih telur sampai lembut dan berwarna putih.
  • Gunakan kuas atau bisa dengan jari untuk menyebarkannya ke kulit wajah khususnya yang ada bekas jerawatnya.
  • Biarkan putih telur mengering dan tunggu beberapa menit sebelum membersihkannya.
  • Setelah itu bilaslah dengan air hangat kemudian dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah.
  • Lakukan 2 kali seminggu secara rutin.

Catatan : Jika kulit wajah anda termasuk kering, setelah menggunakan putih telur anda bisa mengaplikasikan krim pelembab setelah perawatan.

4. Aloe Vera

Siapa yang tidak kenal manfaat lidah buaya untuk kecantikan..

Lidah buaya adalah sumber vitamin yang dapat mebantu memperbaiki kerusakan kulit dan memudarkan bekas luka. Aloe vera sangat ringan dan tidak akan merusak kulit.

Ia akan membuat kulit terlihat dan terasa lebih lembut dan lebih sehat. Anda bisa dengan mudah menemukan gel lidah buaya di  toko obat, namun lidah buaya alami hasilnya akan lebih baik.

Penggunaan :

  • Ambil satu buah daun lidah buaya kemudian kupas kulit luarnya,
  • Gosok gel lidah buaya secara lebut pada bekas jerawat
  • Untuk hasil terbaik diamkan selama 30 menit agar kandungannya menyerap setelah itu bersihkan.

5. Mentimun

menghilangkan bekas jerawat dengan mentimunMentimun bekerja sanagt baik pada kulit sehingga anda bisa mengandalkannya untuk perawatan kulit secara alami. Timun tidak hanya dapat menghidrasi kulit, tapi juga mengandung vitamin E, antioksidan penangkal efek radikal bebas dan magnesium yang bagus untuk kulit.

Penggunaan :

  • Untuk menggunakan mentimun sebagai penghilang bekas jerawat, cukup iris satu buah timun
  • Kemudian tempelkan pada kulit yang bernoda
  • Setelah 30 menit, lepas irisan timun dan segera bersihkan wajah dengan air.

Selain dengan irisan timun, anda juga bisa membuat masker menggunakan parutan timun yang dicampur dengan madu. Lakukan setiap hari agar hasilnya lebih cepat.

6. Madu

Madu merupakan bahan alami yang sangat populer yang bisa menghilangkan bekas luka atau jerawat. Akan sangat bagus jika menggunakan madu yang masih murni bukannya madu yang kebanyakan sudah menggunakan bahan campuran lain.

Untuk mendapatkan madu yang asli, bisa dicari di toko-toko yang hanya menjual produk-produk alami saja.

Penggunaan :

  • Ambil 1 sendok teh madu, dan ratakan keseluruh wajah terutama kulit dengan bekas jerawat, ratakan secara memutar.
  • Biarkan kurang lebih 10 menit atau bisa juga didiamkan semalam saat akan tidur, baru kemudian bilas dengan air dingin.

Catatan : Sebaiknya hanya gunakan madu sebagai masker 2 kali dalam seminggu.

7. Minyak Zaitun

menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitunMinyak zaitun adalah sumber zat besi juga vitamin yang baik. Vitamin E nya dianggap sangat penting dalam  melawan proses penuaan.

Dan lagi minyak zaitun mengandung antioksidan yang mampu mempertahankan keremajaan kulit. Ia akan menghancurkan kotoran serta minyak yang terperangkap dalam pori-pori yang rusak

Penggunaan :

  • Sebelum mengoleskannya pada keseluruhan kulit wajah, ada baiknya fokuskan pada bagian dengan bekas jerawat lebih dahulu.
  • Gosok selama beberapa menit pada bekas jerawat sampai Anda bisa merasakan bahwa pori-pori Anda benar-benar terbenam.
  • Kemudian tutup wajah dengan handuk basah yang hangat untuk membuka pori-pori.
  • Setelah handuk dingin, secara perlahan seka wajah untuk membersihkan minyak berlebih. Lalu bilas dengan air dingin.

Catatan : Oleskan minyak zaitun tipis-tipis keseluruh wajah dan diamkan kurang dari 15 menit sebelum tidur.

8. Irisan Kentang

Sari pati kentang kaya akan vitamin dan juga mineral yang bagus untuk kesehatan dan juga memiliki kekuatan menyembuhkan yang baik.

Penggunaan :

  • Ambil 1 buah kentang kemudian iris tipis-tipis.
  • Terapkan langsung pada bekas jerawatnya dan diamkan selama setengah jam. Anda juga bisa menekan-nekan wajah denga irisan kentangnya.
  • Setelah selesai, segera bersihkan wajah dengan air.
  • Lakukan setidaknya sekali sehari.

Halaman ke 2 »

Pos Terkait

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami & Permanen Seperti layaknya wajah yang putih dan mulus, memiliki bibir merah alami pastinya menjadi dambaan setiap wanita, tak terkecuali juga dengan pria. Umum...

Komentar