Berapa Biaya Operasi Varikokel Tahun 2017 ?

Meski umumnya Varikokel jarang menimbulkan masalah, tapi tidak sedikit juga pria yang mengeluhkan penyakit ini terutama berhubungan ketidaknyamanan dengan kesuburan.

Varikokel memang ditemukan pada pria yang mengalami masalah kesuburan, namun, varikokel bukanlah satu-satunya penyebab ketidaksuburan tersebut. Masih banyak faktor yang mempengaruhinya, sehingga pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan.

Pengobatan Varikokel biasanya tidak diperlukan, akan tetapi hal ini tergantung pada pasien sendiri apakah memutuskan untuk melakukan operasi atau tidak.

Pada kasusnya, pengobatan varikokel sangat dianjurkan apabila ternyata memicu berbagai masalah tertentu seperti misalnya :

  • Menimbulkan ketidaknyamanan seperti rasa nyeri mengganggu sepanjang waktu
  • Mengakibatkan salah satu testis mengecil dan menyusut (Testikular atrofi)
  • Menjadi penyebab kemandulan tunggal
  • Kerusakan testis yang progresif

Bagaimana Varikokel Diobati ?

Varikokel adalah penyakit kelainan pada anatomi pembuluh darah yang dapat mempengaruhi produksi sperma dan juga fungsinya. Saat ini belum ditemukan obat-obatan medis yang terbukti dapat memperbaiki varikokel.

Berapa Biaya Operasi Varikokel
Operasi Varikokel

Meskipun ada beberapa penelitian yang mengkaji peran antioksidan untuk solusinya, namun masih perlu penelitian lebih lanjut.

Satu-satunya pengobatan untuk varikokel adalah dengan operasi. Tujuan dari operasi ini pada dasarnya untuk menghentikan aliran darah yang menuju pembuluh bermasalah dengan menyumbat pembuluh tersebut, sehingga darah mengalir ke pembuluh yang lain.

Sebuah sayatan kecil akan dibuat bawah perut kemudian dokter akan menyumbat pembuluh yang bermasalah biasanya dengan diikat ataupun di jepit sehingga darah tidak bisa melaluinya.

Prosedur operasi varikokel memerlukan pembiusan total sehingga anda tidak akan merasakan sakit.

Operasi varikokel berjalan singkat dan biasanya tidak perlu rawat inap. Anda bisa pulang saat prosedur operasinya telah selesai.

Biaya Operasi Varikokel

Perincian biaya operasi varikokel tidak bisa diketahui secara pasti, dikarenakan hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tempat, penggunaan alat untuk operasi, maupun Dokter yang meanganinya.

Tiap rumah sakit memiliki kisaran biaya yang berbeda sehingga untuk mengetahuinya akan lebih baik menanyakan secara langsung ke Rumah Sakit di tempat Anda sering berobat.

Menurut informasi terkini dibeberapa Rumah Sakit Jakarta biaya untuk melakukan operasi varikokel mencapai Rp. 2-4 juta rupiah, meliputi biaya perawatan dan juga obat-obatan.

Hasil Operasi

  • Kebanyakan pasien dengan rasa sakit akibat varikokel akan mengalami peningkatan rasa sakit, atau bahkan menghilangkan rasa sakit.
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jumlah sperma dan motilitas membaik setelah operasi varikokel. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa pasangan dengan varikokel yang ditangani 30 sampai 50% lebih mungkin untuk hamil daripada pasangan yang  varikokelnya tidak ditangani.

Efek Samping Operasi Varikokel

Setiap operasi memiliki beberapa risiko, seperti perdarahan atau infeksi di tempat sayatan. Tapi ada juga beberapa komplikasi utama yang spesifik untuk operasi varikokel yang harus Anda ketahui :

  • Varikokel berulang dapat disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah tidak sempurna yang menyebabkan varikokel terjadi kembali. Hal ini dapat menyebabkan gejala dan masalah persisten dengan kesuburan.
  • Pembentukan Hidrokel atau kumpulan cairan di dalam atau di sekitar skrotum yang berawal dari terganggunya aliran limfatik. Hidrokel bisa menjadi besar dan menyebabkan tekanan pada skrotum. Pembedahan atau drainase mungkin diperlukan untuk memperbaiki hidrokel.
  • Ligasi arteri testis atau ikatan yang tidak disengaja dari aliran darah ke testis, dapat terjadi pada beberapa pendekatan bedah. Ada kekhawatiran bahwa hal ini dapat menyebabkan atrofi testis dan penurunan fungsi testis, seperti tingkat testosteron yang lebih rendah dan penurunan kualitas sperma.

Perawatan Pasca Operasi

Setelah operasi, Anda harus menghabiskan sebagian besar waktu untuk berbaring di rumah. Anda juga harus berjalan-jalan kecil di sekitar rumah untuk melatih otot betis Anda, menggunakan kamar mandi, dan untuk makan.

Saat Anda berbaring, latihlah kedua otot betis setiap jam. Berjalan dan melatih otot betis Anda akan membantu mencegah pembentukan bekuan darah di pembuluh darah kaki.

Beberapa tips lainnya pasca operasi varikokel seperti berikut :

  • Jangan mandi, berenang, atau mengeluarkan sayatan basah sampai  plester steri telah jatuh dan luka telah sembuh, biasanya memakan waktu sekitar dua minggu.
  • Jangan mengangkat benda berat setelah operasi Anda. Setidaknya seminggu, Anda juga harus menghindari usaha fisik atau berdiri untuk jangka waktu lama
  • Setelah satu minggu, Anda bisa berolahraga lagi, tetapi jangan terlalu berat
  • Biasanya anda bisa kembali bekerja dalam tiga hari setelah operasi
  • Setelah satu sampai dua minggu, Anda bisa melanjutkan aktivitas seksual.

Pos Terkait

Apa Itu Varikokel, Penyebab dan Cara Pengobatannya Varikokel adalah salah satu kondisi umum yang dialami pria ditandai dengan adanya pembengkakan pada pembuluh darah di dalam kantung testis. Jika anda...

Komentar